Monday 12 February 2018

Soto Ayam Lombok-nya Malang

Kali ini penulis mau menambahkan topik artikel baru di blog ini. Bukan karena supaya ikut-ikutan agar nge-hitz, tapi karena penulis perlu untuk sedikit berbagai pengalaman saja. Topik baru yang akan penulis  angkat adalah mengenai kuliner. Di dunia maya  sudah banyak website maupun blog yang menyajikan tulisan tentang kuliner. Penulispun akui mengambil beberapa refrensi dari dunia maya yang ada, namun yang membedakan penulis akan mengulas tentang kuliner yang pernah penulis sendiri nikmati bersama orang terdekat.

Bulan bulan Februari ini penulis main ke Kota Malang, kota yang terletak di Jawa Timur bagi penulis bisa dibilang sebagai Bandungnya warga Surabaya seperti halnya warga Jakarta yang tiap akhir pecan main ke Bandung. Malang memang kota yang nyaman untuk dikunjungi selain terletak di dataran tinggi seluas 145,28 kilometer persegi dan bagian dari Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu) yang merupakan kota Metropolitan terbesar kedua di Jawa Timur setelah Gerbangkertosusila. Tidak hanya itu saja Kota Malang pun menjadi kota terbesar kedua setelah Surabaya.
Bagi penulis Malang memiliki tempat tersendiri, selain kotanya yang sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan dan gunung tentunya juga Malang menjadi kota yang menarik karena dijuluki juga sebagai kota pelajar, tak hanya itu saja Malang juga kayak akan wisatanya baik tempat maupun kulinernya.

Kuliner Legendaris
Mendengar nama Soto Ayam Lombok sepintas kita akan berpikir bahwa Soto Ayam ini khas Lombok atau salah satu kuliner dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Penulis pun pada awalnya berpikir serupa. Ternyata Soto Ayam yang memiliki banyak cabang ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1955, berawal di Jalan Lombok hingga akhirnya sekarang sudah membuka cabang di beberapa tempat hingga ke Surabaya yang kemudian di kenal dengan sebutan Soto Lombok.
Sajian Soto Ayam Lombok khas Malang ini terdiri dari telur rebus, tauge, irisan kol dan yang menjadi khasnya adalah ayam kampungnya dan memiliki rasa yang unik. Penulis sendiri sangat menikmati sajian Soto ini, akan lebih nikmat dan pas jika disantap pada saat Pagi dan Malam hari atau pada saat cuaca sekitar dingin karena Soto ini kaya akan rempah yang menurut penulis cukup membuat badan hangat juga bila dinikmati dengan krupuknya yang khas lezatnya makin mantap.  Karena keunikannya ini baik dari nama maupun sajiannya penulis pun memberikan julukan pada kuliner ini adalah Soto Ayam Lombok-nya Malang.

Lokasi Soto Ayam Lombok
Jadi bagi pembaca jangan kaget ataupun bingung bahwa Soto Ayam Lombok yang penulis maksud kali ini bukan Soto Lombok yang dari Lombok di sana melainkan Soto Ayam Lombok yang sangat terkenal di Jalan Lombok Malang. Sekedar tambahan saja, Warung Soto Ayam Lombok ini buka dari pukul 07.00 – 00.00 WIB. Berikut alamat ataupun lokasi Soto Ayam Lombok-nya Malang ini:
1        Jl. Lombok No.1, Kasin, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117, Telp (0341 366226)
2        Jl. Tlogo Mas Dinoyo Nomor 50 (Telp. 552958)
3        Jl. Mondoroko (Telp. 451637)
4        Jl. Purwosari (Telp. 0343-611096)
5        Jl. Dukuh Kupang 119 Surabaya
6        Jl. Parang Tritis Nomor 1 Malang (0341-496027)
7        Jl. Raya Bay Pas Gempol
8       Cabang baru di Lawang (pemiliknya adalah anak dari Rukoya.

Refrensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Malang


Gambar:
google.com

2 comments:

  1. Pengen banget nyoba-nyoba kuliner Malang Soto Lombok
    khas Malang gak ada ditempat lain

    ReplyDelete

Sang Maestro Campursari yang Bikin Ambyar

Menjelang pertengahan tahun 2020 Indonesia dikagetkan oleh kepergian sejumlah selebritisnya. Namun yang sangat mengagetkan adalah kepergian...