Saturday 17 February 2018

Bebek Boedjang untuk Para Bujang ala Pontianak



 
Kali ini penulis ingin sedikit berbagi mengenai kuliner menarik yang pernah penulis nikmati. Kuliner yang saat ini penulis akan ulas sedikit adalah kuliner khas kota Pontianak, Kalimantan Barat. Beberapa waktu yang lalu penulis pergi ke salah satu  kota di Pulau Kalimantan yang merupakan sekian Pulau yang dimiliki Indonesia. Kalimantan juga menjadi satu pulau terbesar yang ada di Indonesia bersama Pulau Papua dan Sulawesi.
Kota Pontianak sendiri merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat (KalBar), kota terletak diantara Sungai Kapuas dan Sungai Landai ini memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi. Kedua sungai yang mengelilingi kota tersebut pun menjadi simbol ataupun lambat dari kota ini. Tidak hanya itu saja kota yang terdiri dari 6 kecamatan dan 29 kelurahan ini juga dikenal sebagai Kota Khatulistiwa. Karena di kota ini jugalah dibangun Tugu Khatulitiwa karena memang letaknya tepat di daerah Sianta dilalui oleh garis khatulistiwa.
Beragam penduduknya beragam pula kulinernya
Saat ini kota Pontianak menjadi salah satu kota terbesar dan maju di Pulau Kalimantan, konon masyarakat Kalimantan kerap membandingkan kota ini dengan kota – kota besar lainnya di Kalimantan seperti Banjarmasin maupun Balikpapan.
Menjadi salah satu kota terbesar di Pulau Kalimantan sudah tentu masyarakatnya terdiri dari beragam etnis mulai dari Tionghoa, Jawa, Madura, Melayu, Dayak dan lain sebagainya menjadikan Kota ini memiliki varian kuliner yang menarik dan khas. Salah satunya yang pernah penulis cicipi adalah Bebek Boedjang di Kota Pontianak ini.

Nonkrong Kenyang
Menurut informasi yang penulis peroleh, masyarakat Pontianak terutama pemudanya suka sekali nongkrong atau bahasa gaulnya ngopi kongkow. Karena saat penulis berada di sana banyak sekali tempat nonkrong sekedar untuk menikmati malam ataupun kuliner ala Pontianak. Bagi sebagian masyarakat mungkin jika hanya sekedar nongkrong tapi tanpa menikmati sajian kuliner yang mengenyangkan kurang lengkap.
Bebek Boedjang bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin nongkrong tapi menikmati sajian kuliner terutama bagi mereka yang masih bujang. Buka dari pukul 10.00 hingga 22.30 memang cocok bagi kaula muda yang suka kuliner. Sebenarnya kuliner Bebek Boedjang ini merupakan bagian dari Bebek Bejo yang juga berada dan menjadi kuliner andalan di Kota Pontianak.

Sejak 1438
Siapa sangka jika Bebek Boedjang ini sudah ada sejak tahun 1438, lebih tepatnua 1438 Hijriah atau tahu 2017 Masehu. Penulis sempat kaget dan menganggap Bebek Boedjang ini sudah ada sejak lama namun ternyata Bebek Boedjang ini telah ada pada tahun 2017 tepat di Kota Pontianak. Jadi jika pembaca sedang berada di Kota Pontianak sudah selayaknya mencicipi ataupun mencoba sajian kuliner yang nikmat ini.
Di kedai Bebek Boedjang ini tidak ada hanya sajian bebeknya saja namun juga terpadat berbagai varian menu seperti ayam , ikan nila, mujair, telor dengan berbagai macam sambelnya. Selain itu juga terdapat juga pilihan di goring ataupun di bakar. Jadi bagi penulis kita tidak akan pernah bosan jika kuliner di tempat ini selain menu khasnya juga terdapat berbagai macam vaian menunya.
Berikut Lokasi Bebek Boedjang yang tersebar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat:
Jl. Johan Idrus (Jl. Sumatera)
Jl. Patimura (Bebek Bedjo)
Jl. Bandara Supadio



Referensi:
google.com

Gambar:
google.com
http://www.bujangkurir.com/?project=bebek-boedjang-2







No comments:

Post a Comment

Sang Maestro Campursari yang Bikin Ambyar

Menjelang pertengahan tahun 2020 Indonesia dikagetkan oleh kepergian sejumlah selebritisnya. Namun yang sangat mengagetkan adalah kepergian...