Friday 15 June 2018

27 Juni 2018 Pilkada Serentak Jangan Golput!

Pilkada Serentak
Salah satu venue menarik pada tahun 2018 ini adalah adanya pesta demokrasi pemilihan kepala daerah yang serentak diselenggarakan bersama pada 27 Juni 2018 nanti atau yang lebih dikenal dengan Pilkada Serentak 2018. Pilkada Serentak ini akan diselenggarakan di 17 Provinsi, 115 Kabupaten dan 39 kota melalui mekanisme one man one vote yang dimulai pada pukul 08.00 WIB.
Pilkada Serentak merupakan pesta demokrasi yang ditunggu – tunggu bagi mereka yang proaktif memberikan suaranya atau sekedar berkontribusi bagi daerahnya melalui pemungutan suara. Menyadur dari sumber yang penulis ambil adapun tahapan penyelenggaraan pilkada ini sebagai berikut tahapan persiapan dimulai pada bulan September 2017 yang kemudian diikuti perencanaan program dan pemilihan Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Surara (PPS) dan Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS). Rinciannya adalah
a.       Tahapan Persiapan
1.       27 September 2017 : Perencanaan Program dan Anggaran
2.       27 September 2017 : Penyusunan dan DP4)
3.       30 Desember 2017 - 27 Juni 2018 : Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih

b.      Tahapan Penyelenggaraan

1.       31 Januari 2017 - 3 Januari 2018 : Syarat dukungan pasangan calon perseorangan

2.       1 Januari 2018 - 13 Februari 2018 : Pendaftaran pasangan calon
3.       Jadwal menyusul : Sengketa Tata Usaha Negara (TUN) Pemilihan
4.       15 Februari 2018 - 13 Juni 2018 : Masa kampanye
5.       17 Maret 2018 - 26 Juni 2018 : Pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara
6.       12 Juni 2018 - 3 Juli 2018 : Pemungutan suara dan penghitungan suara
7.       27 Juni 2018 - 9 Juli 2018 : Rekapitulasi hasil penghitungan suara
8.       Jadwal menyusul : Penetapan pasangan calon terpilih, tanpa permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP)
9.       Jadwal menyusul : Sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP)
10.   Jadwal menyusul : Penetapan pasangan calon terpilih pasca putusan Makamah Konstitusi (MK)
11.   Jadwal menyusul : Pengusulan pengesahan pengangkatan pasangan calon terpilih.

Jangan Golput
Pilkada Serentak merupakan bagian dari Pesta Demokrasi yang hanya diselenggarakan untuk memilih pemimpin daerah. Tentunya dengan adanya pilkada serentak ini diharapkan nantinya yang terpilih menjadi pemimpin daerah merupakan pribadi atau mereka yang memang layak dan diinginkan oleh masyakarat daerahnya. Dengan adanya pilkada serentak ini tentunya melibatkan warga masyarakat di daerah tersebut. Proses pilkada serentak ini merupakan rangkaian dari proses dann pesta demokrasi untuk memilih pemimpin daerah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan daerah tersebut.
Tentunya sangat disayangkan bila nantinya warga masyarakat bersikap apatis atau golput (golongan putih / tidak memilih) dengan berbagai macam alasan. Entah dikarenakan tak adanya visi dan misi dari pasangan calon yang cocok atau menarik, begitu pula mereka yang memilih golput dikarenakan faktor kondisi ataupun keadaan tertentu. Sejatinya proses pemilihan kepala daerah ataupun pilpres dan pileg nantinya bukan saja ajang adu gagasan para pasangan calon saja melainkan momentum untuk memilih kepala daerah yang terbaik sekalipun dari yang terburuk. Setidaknya para pemilih nantinya dapat mencegah yang terburuk berkuasa ataupun memegang pucuk pimpinan sehingga meminimalisir praktek penyimpangan dalam pemerintahan.
Semoga pilkada serentak yang nantnya akan diselenggarakan pada 27 Juni 2018 nantinya dapat menjadikan proses demokrasi kita menjadi lebih dewasa dan berkembang serta maju, jauh dari intrik SARA yang apda tahun – tahun sebelumnya sangat kentara. Pilkada serentak sejatinya akan menghasilkan pemimpin daerah yang tidak hanya sesuai dengan kehendak atau hati nurani masyarakat pemilih daerah tertentu melainkan menghasilkan sosok pemimpin yang berkualiat dan tepat untuk daerah tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat pemilih. Karenanya besar harapan penulis pada masyarakat tentunya para calon pemilih muda nantinya agak berperan aktif dan berkontribusi dalam demokrasi melalui proses pilkada serentak  yang akan diselenggarakan pada 27 Juni 2018 nantinya.
                                                                                                                          
Referensi :
Gambar :

No comments:

Post a Comment

Sang Maestro Campursari yang Bikin Ambyar

Menjelang pertengahan tahun 2020 Indonesia dikagetkan oleh kepergian sejumlah selebritisnya. Namun yang sangat mengagetkan adalah kepergian...