Monday 9 July 2018

Sumpah Palapa yang Mengangkasa

Tanggal 9 Juni kita akan memperingati sebuah hari yang tak kalah pentingnya yaitu Hari Satelit Indonesia. Sebuah momentum untuk pertama kalianya dalam sejarah Republik Indonesia ini berdiri meluncurkan satelit yang diberi nama satelit palapa A1, pada tanggal 8 Juli  1976 dilepas dari Kennedy Space Center, Tanjung Canaveral, Amerika Serikat oleh roket Amerika Serikat  Delta 2914. Satelit Palapa A1 tersebut berbobot 574 Kilogram yang mengorbit 83° BT dan beroperasi hingga pada bulan Juni 1985. 

Tentunya peluncuran Satelit Palapa A1 tersebut bukanlah satu – satunya satelit yang diluncurkan oleh Indonesia, berdasarkan informasi yang penulis dapatkan total ada 11 Satelit yang diluncurkan dan hanya satu satelit yang batal diluncurkan yaitu satelit palapa E1 yang kemudian digantikan oleh satelit dari Bank BRI BRIsat. Sedangkan pada gambar yang penulis tampilkan adalah gambar Satelit Palapa B1.
 

Menyatukan Indonesia

Nama satelit palapa sejatinya diambil dari kata yang dikenal dengan nama “Sumpah Palapa” yang diucapkan oleh Gajah Mada pada masa kerajaan Majapahit yang isinya berniat menyatukan seluruh nusantara dalam satu imperium majapahit. Karenanya kata Palapa dianggap lebih tepat untuk merepresentasikan maksud dan fungsi satelit palapa nantinya untuk menyatukan seluruh Indonesia (nusantara) meskipun pada tahun 2016 pada bulan Juni satelit Indonesia tidak lagi bernama Satelit Palapa berikut serinya namun dinamakan BRIsat namun tidak mengurangi makna historis dari Satelit Palapa pada Hari Satelit yang jatuh pada tanggal 9 Juli ini.

Referensi:

Gambar:


No comments:

Post a Comment

Sang Maestro Campursari yang Bikin Ambyar

Menjelang pertengahan tahun 2020 Indonesia dikagetkan oleh kepergian sejumlah selebritisnya. Namun yang sangat mengagetkan adalah kepergian...