Sunday, 17 June 2018

17 Juni Hari Dermaga Internasional bukan Pelabuhan Internasional


Judul yang penulis ambil dalam penulis artikel kali ini adalah 17 Juni Hari Dermaga bukan Pelabuhan. Ada hal yang melatar belakangi penulis memilij judul tersebut, pada awalnya saat penulis tengah santai dalam suasana lebaran tahun 2018 ini penulis membuka Wikipedia sembari mencari informasi yang nantinya  akan penulis upload di blog gnaskah.blogspot.com ini.

Untuk bulan Juni 2018 ini penulis memilih topik Hari Dermaga karena penulis tertarik dan baru mengetahui bahwa ada Hari Dermaga, biasanya kita hanya mengenal Hari Dirgantara tapi kali ini ada Hari Dermaga. Penulis sempat bertanya – tanya kenapa Hari Dermaga Internasional bukan Hari Pelabuhan Internasional? Lalu apa bedanya Dermaga dengan Pelabuhan?

Dermaga dan Pelabuhan dua hal yang berbeda tapi tak dapat dipisahkan
Semula penulis sempat merasa ambigu dengan pengertian dari Dermaga dan Pelabuhan, namun setelah penulis mencari informasi dari sumber yang menurut penulis bisa dipertangggungjawabkan maka penulis pun mengambil kesimpuan pada Dermaga dan Pelabuhan adalah dua hal yang berbeda namun tak bisa dipisahkan.

Menurut Wikipedia, Pelabuhan merupakan sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai atau danau unutk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya yang biasanya dilengkapi juga dengan alat – alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal dan memindahkan barang kargo. Pelabuhan dapat juga dilengkapi dengan fasilitas terminal yang meliputi:
a.       Dermaga, tempat kapal bertambat untuk bongkar muat barang.
  1. crane, alat atau media untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat barang.
  2. gudang laut (transito), tempat untuk menyimpan muatan dari kapal dan atau yang akan di pindah ke kapal.
Sedangkan dermaga adalah tempat kapal yang ditambatkan di pelabuhan. Di dermaga ini aktivitas bongkar muat barang dan orang di lakukan. Selain itu kapal yang bertambat di dermaga dapat juga melakukan aktivitas pengisian bahan bakar, air minum, air bersih dan penyediaan saluaran untuk limbah (kotoran) yang nantinya diproses di pelabuhan.

Adapun jenis dan tipe dermaga yang penulis sadur antara lain sebagai berikut :
a.       Jenis Dermaga diantaranya
  1. Dermaga barang umum merupakan dermaga yang diperuntukkan untuk bongkar - muat barang umum/general cargo ke atas kapal.
  2. Dermaga peti kemas, dermaga adalah yang khusus diperuntukkan untuk bongkar muat peti kemas yang biasanya menggunakan kran (crane)
  3. Dermaga curah adalah dermaga yang khusus digunakan untuk bongkar-muat barang curah, biasanya menggunakan ban berjalan (conveyor belt)
  4. Dermaga khusus merupaka dermaga yang khusus digunakan untuk mengangkut barang khusus, seperti bahan bakar minyak (bbm), bahan bakar gas (bbg) dan lain sebagainya.
  5. Dermaga marina adalah dermaga yang diperuntukkan bagi kapal pesiar dan speed boat.
  6. Dermaga kapal ikan, dermaga yang digunakan oleh kapal ikan dalam aktivitasnya.
b.      Adapun tipe dermaga sebagai berikut:
Dermaga Quay Wall
Merupakan dermaga yang terstruktur dan sejajar pantai, berupa tembok yang berdiri di atas pantai, konstruksinya berupa sheet pile beton/besi atau caisson beton. Biasanya berada di lokasi pantai yang tidak landai atau biasa kita sebut pelabuhan alam yang kedalamnnya tidak terlalu jauh dari gaeis pantai.\inkan tidak terlalu jauh dari garis pantai.
Dermaga Dolphin
Adalah dermaga tempat kapal bersandar dalam bentuk dolphin di atas tiang pancang, biasanya dilokasi dengan pantai yang landau dihubungkan dengan jembatan trestle.
Dermaga System Jetty
Merupakan dermaga apung yang umumnya digunakan kapal – kapal penumpang, baik dermaga angkutan sungai/danau yang tidak membutuhkan konstruksi yang kuat untuk menahan muatan (barang) yang akan diangkut kapal.

Demikianlah jenis dan tipe dermaga yang bisa penulis bagikan, harapan penulis bahwa Hari Dermaga Internasional ini bisa memberikan informasi yang berguna bagi para pembaca bahwa peran dermaga dalam kemajuan bangsa & negara sangatlah vital. Arah kebijakan pemerintah saat ini (Pemerintahan Joko Widodo) yang mengedepankan pembangunan infrastruktur dan juga tol lautnnya sangat dinantikan manfaatnya bagi rakyat Indonesia. Tentunya dengan anggaran yang diusulkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebesar Rp 12,9 triliun diharapkan mampu memberikan manfaat yang luas bagi pertumbuhan ekonomi dan berguna bagi Rakyat Indonesia.

Selain itu penulis juga berharap dengan artikel ini kita sudah sama – sama mengetahui perbedaan Dermaga dan Pelabuhan. Bahwa Dermaga sendiri merupakan bagian dari Pelabuhan yang tak dapat dipisahkan.



Sumber:
Gambar:


1 comment:

  1. Container DNV Lepas pantai adalah barang yang dapat diangkut yang secara khusus ditujukan untuk penggunaan terus menerus dan berulang di sektor transportasi. Hubungi kami di +6221-5031-1007 untuk produk DNV

    ReplyDelete

Sang Maestro Campursari yang Bikin Ambyar

Menjelang pertengahan tahun 2020 Indonesia dikagetkan oleh kepergian sejumlah selebritisnya. Namun yang sangat mengagetkan adalah kepergian...