Sunday 16 September 2012

Memeluk Obama


Senin 10 September 2012.Menyaksikan siaran berita di salah satu stasiun tv swasta pada siang hari yang panas di Bekasi dan Sekitarnya pada saat itu, sedikit membuat rasa terkagum-kagum. Kagum bukan karena ptesenter-nya cantik ataupun tampan melainkan karena berita yang dibawakan.
Sontak perhatian yang semula biasa-biasa saja berubah ketika menyaksikan sosok Presiden USA Barrack Obama melakukan kampanya disuatu tempat. Dipeluk oleh warganya, mungkin bagi sebagian warga USA itu adalah yang biasa. Hal yang membuat kagum lagi adalah orang yang memeluknya adalah massa dari lawan partai politiknya. Orang yang memeluknya merupakan pria yang bernama Duzer tersebut merupakan pria pemilik restoran pizza yang bernama Big Aplle Pizza. Pria yang bernama lengkap Scott Van Duzer merupakan penggemar berat Obama. Ia langsung memeluk erat dan mengangkat tubuh Obama.
Sempat terpikir bagaimana jika hal tersebut terjadi di Indonesia??
Hmm,rasanya mustahil tapi bukan tidak mungkin. Buru-buru meluk sang presiden, bisa salaman saja sudah susahnya minta ampun, jangankan oleh massa yang tak mendukungnya. Oleh massanya sendiri saja sudah susah.
Ada pelajaran penting dari berita tersebut.
Yang pertama adalah sekalipun seorang presiden tapi tak terlalu formil dalam masa-masa kampanye. Bahkan berinteraksi langsung dengan rakyatnya entah itu pendulungnya atau bukan (akrab).
Kedua Kedewasaan dan kebebasan berpolitik sepenuhnya milih rakyat bukan elite parpol.
Ketiga yang terpenting bukanlah dari mana golongan calon tersebut, melainkan memang karena kredibilitasnyalah yang diutamakan.
Mungkin tulisan ini terkesan pro-barat tapi lepas dari itu semua, tulisan ini hanyalah sebuah pemikiran yang kagum dengan demokrasi ala barat tersebut. Hanya bagi penulis demokrasi yang terbaik adalah demokrasi ala Indonesia (Pancasila). Sekali lagi Indonesia perlu belajar dari barat bukan menyontoh.

Salam Bhinneka Tunggal Ika

Indonesia Raya

Merdeka...!!!

No comments:

Post a Comment

Sang Maestro Campursari yang Bikin Ambyar

Menjelang pertengahan tahun 2020 Indonesia dikagetkan oleh kepergian sejumlah selebritisnya. Namun yang sangat mengagetkan adalah kepergian...