Thursday 20 September 2012

Sejarah Akuntansi

Kali ini saya ingin membahas mengenai evolusi akuntansi perkembangan dan pemikiran akuntansi dari peiode ke periode :
A.    Akuntansi zaman prasejarah
B.    Akuntansi Islam di zaman kenabian
C.    Akuntansi di zaman evolusi pembukuan
 A.   Akuntansi zaman prasejarah
   So, kita mulai aj dengan akuntansi zaman prasejarah. Pada zaman ini akuntansi mulai dikenal sejak manusia mengenal uang dan pencatatan.  Akuntansi zaman prasejarah ini dibagi menjadi beberapa zaman, yaitu :
1.    Zaman Yunani kuno dan Romawi kuno
2.    Zaman Mesopotamia
3.    Zaman Cina
4.    Zaman Manorial di Inggris
   Nah, sekarang  saya akan mengupas satu-persatu mengenai akuntansi zaman prasejarah ini yang dibagi menjadi beberapa bagian tadi. Kita mulai dari zaman Yunani kuno dan Romawi kuno.
1.    Zaman Yunani kuno dan Romawi kuno
   Zaman mesopotamia ini dikenal juga zaman Babilonia yang terjadi kurang lebih tahun 8000 SM (Richard Mattesich dalam artikelnya yang berjudul Pre-historic Accounting and the problem of Representation). Bentuk pencatatan transaksi dalam bentuk tablet-tablet dari tanah liat yang diberi tanda titik-titik sebagai pengganti tanda angka yang disebut clay. Kemudian kumpulan dari tablet-tablet tersebut disebut “clay envelops” yang berfungsi untuk mengungkapkan secara simbolis nilai aset dan transaksi ekonomis. Menurut Orville keister (1986) menyebutkan bahwa untuk mencatat transaksi terdapat 2 macam tablet, yaitu tablet penerimaan dan tablet pengeluaran.
 2.    Zaman Mesopotamia
  Ini terjadi kira-kira tahun 3600 SM yang merupakan awal periode Yunani dan Romawi. Kemudian pada tahun 1000 SM ditemukan koin sebagai alat pertukaran di Yunani (dikemukakan oleh Kam tahun 1986). Sedangkan di Romawi Kuno ditemukan seorang arsitek yang menilai gedung tidak hanya sebesar cost (harga perolehan) namun harus dikurangi seperdelapannya setiap tahun. Ini berarti pada masa ini sudah mengenal istilah depresiasi.
 3.    Zaman Cina
   Pada zaman dinasti Chou (1122 – 256 SM) akuntansi sudah digunakan sebagai alat untuk membantu perencanaan, pertimbangan ekspansi wilayah, dan juga untuk mengatur  negara. Dalam peradaban ini akuntansi dikembangkan menjadi akuntansi pemerintahan.
 4.    Zaman Manorial di Inggris
   Zaman Manorial ini terjadi di abad 11 dan 12 yang merupakan zaman berjayanya para tuan tanah di daratan Eropa. Pada zaman ini akuntansi digunakan oleh para tuan tanah digunakan mencatat penerimaan yang diperolah dari pajak rakyat dan mencatat pengeluaran untuk kebutuhan pribadinya. Pada zaman ini sudah mengenai sistem single entry. Yaitu sistem pencatatan yang digunakan sebelum ditemukannya sistem pencatatan double entry.

No comments:

Post a Comment

Sang Maestro Campursari yang Bikin Ambyar

Menjelang pertengahan tahun 2020 Indonesia dikagetkan oleh kepergian sejumlah selebritisnya. Namun yang sangat mengagetkan adalah kepergian...